WHITE COPRA atau KOPRA PUTIH (Cocos Nucifera)


White Copra - Sun Drying - by JenSha - 2016
Pohon kelapa (Cocos Nucifera) yang tumbuh secara alami di berbagai belahan dunia merupakan sumber kopra yang signifikan dan seiring waktu masyarakat mengelola perkebunan secara komersial. 

Kopra, bagian kering dari daging kelapa, inti dari buah kelapa yang dinilai untuk menghasilkan produk minyak kelapa yang diekstraksi dan produk samping yang mengandung protein tinggi (18-25%) dikenal dengan nama Coconut Cake (ampas kopra) yang umumnya diberikan pada hewan ternak sebagai pakan. Masyarakat di Indonesia umumnya mengenal Kopra Hitam (Black Copra) atau Kopra Asalan. Adapun Kopra Putih (White Copra) cara penanganannya kurang lebih dengan Kopra Hitam tetapi dengan hasil akhir yang berbeda. Berikut teknik pembuatan Kopra Putih yang sangat sederhana seperti; 


1.   Cara Penjemuran Langsung
    Teknik ini sangat mengandalkan panas matahari dan cuaca, apabila sinar matahari tidak merata, maka jamur akan menyebar pada kopra. Lama waktu penjemuran sekitar 5 - 7 hari. Penjemuran dapat mulai dilakukan ketika cuaca terang dan panas, sebelum menjemur sebaiknya diberi terpal plastik terlebih dahulu apabila belum membuat tempat penjemuran yang berlantaikan semen.




by JenSha - 2016


2.   Cara Penjemuran Menggunakan Plastik atau Seng/Atap Plastik
   Teknik ini menggunakan plastik bening atau transparan. Panas yang   terserap lebih lama dan dapat menjaga kualitas kopra, terhindar dari  gangguan binatang (ayam, anjing, kucing, tikus, sapi, kambing dll) yang berkeliaran disekitar penjemuran. Waktu penjemuran tergantung pada cuaca, lama penjemuran antara 5 - 7 hari.



By JenSha - 2016
By JenSha - 2016



3.   Cara Oven
  Teknik ini dapat menghasilkan kopra putih lebih bagus dan cepat. Kopra dimasukkan ke dalam Oven yang menggunakan kayu bakar, sabut kelapa untuk bahan bakarnya. Hanya saja teknik Oven ini memerlukan investasi yang cukup besar.

By JenSha - 2016


By JenSha















































Komentar

  1. Artikel pertama ku 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini di daerah mana? Soalnya kami butuh air kelapanya. 081321068679

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to Stuffing your White Copra Commodity (Bagaimana cara Mengisi Komoditi Kopra Putih Anda) inside Container

Procedure for Sampling - Grade 1 - White Copra